Monday, February 17, 2014

Keutamaan Sabar

Dalam kehidupan ini, ujian dan cobaan di dunia merupakan sebuah keharusan, dan siapa pun tidak bisa terlepas darinya. Baik manusia dari kalangan atas, menengah, maupun bawah sekalipun.  Bahkan, cobaan dan derita dalam kehidupan merupakan suatu vaksintersendiri bagi kita untuk lebih kuat menjalani problematika kehidupan yang tak akan pernah berakhir sampai kehidupan  itu sendiri berakhir. Sesungguhnya ujian dan cobaan yang datang bertubi-tubi menerpa hidup manusia merupakan satu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah Azza wa Jalla. Tidak satu pun diantara kita yang mampu menghalau ketentuan tersebut.
Pada Tanggal  2 Juli 2013, pukul 14.37 WIB.  Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR mengguncang daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah. Pusat gempa berada di  kedalaman 10 km dan berlokasi 35 km Barat Daya Kabupaten Bener Meriah atau 181 km Tenggara Banda Aceh. merobohkan ratusan rumah dan fasilitas umum di Aceh Tengah dan Bener Meriah, dan menelan puluhan korban jiwa.
Musibah Gempa bumi ini, seketika telah membuat ribuan waraga Aceh Tengah dan Bener Meriah kehilangan tempat tinggal. Sehingga, banyak dari saudara-saudara kita disana menyambut bulan suci Ramadhan di tenda-tenda pengungsian atau di tenda-tenda yang dibuat di depan perkarangan rumah yang telah rusak ataupun roboh.
Dalam  musibah gempa seperti ini, Kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan harusalah dimiliki setiap orang sebagai  tanda kebenaran dan kejujuran iman seseorang kepada Allah SWT. Keimanan, keyakinan, tawakkal dan kesabaran yang kokoh amatlah sangat kita butuhkan dalam menghadapi badai cobaan yang menerpa. Sehingga tidak menjadikan diri kita berburuk sangka kepada Allah SWT terhadap segala Ketentuan-Nya.
Kesabaran merupakan perkara yang amat dicintai oleh Allah dan sangat dibutuhkan seorang muslim dalam menghadapi ujian atau cobaan yang dialaminya. Sebagaimana dalam firman-Nya :  “Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan,’Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun.’ Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabb-nya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 155-157).
Keutamaan Sabar dalam Menghadap Cobaan adalah:
1. Sabar Merupakan Perintah Mulia Dari Allah
Allah SWT berfirman :  “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar,..” (QS. Al-Baqarah: 153)
Ayat diatas menerangkan bahwa sabar merupakan perintah dari Allah SWT. Sabar termasuk ibadah dari ibadah-ibadah yang Allah wajibkan kepada hamba-Nya.

2. Pujian Allah SWT Terhadap Orang-Orang Yang sabar
Allah SWT memuji mereka sebagai orang-orang yang benar dalam keimanannya. Sebagaimana firman-Nya: “….. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 177)

3. Mendapat Kecintaan Dari Allah SWT
Semua orang yang beriman berharap menjadi golongan orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT.  Dan Allah mengabarkan kepada hamba-Nya bahwa golongan yang mendapatkan kecintaan-Nya adalah orang-orang yang sabar terhadap ujian dan cobaan dari-Nya. Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya:  “…..…dan bersabarlah, sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)
Yang dimaksud dengan Allah bersama orang-orang yang sabar adalah penjagaan dan pertolongan Allah SWT selalu menyertai orang-orang yang sabar.

4.  Shalawat, Rahmat dan Hidayah Bersama Orang Yang Sabar
Allah SWT senantiasa mencurahkan shalawat, rahmat dan hidayah-Nya kepada orang-orang yang sabar. Karena jika mereka ditimpa ujian dan cobaan dari Allah mereka kembalikan urusannya kepada Sang Pencipta, yang memilikinya.

5. Mendapatkan Ganjaran Yang Lebih Baik Dari Amalannya
Allah SWT memberikan ganjaran bagi orang yang sabar melebihi usaha atau amalan yang ia lakukan. Sebagaimana firman-Nya :“……Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.  “ (An Nahl: 126)

6.  Mendapat Martabat Tinggi Di Dalam Surga
Anugerah yang lebih besar bagi orang-orang yang sabar adalah berhak mendapatkan martabat yang tinggi dalam Surga. Allah SWT berfirman : “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya. (Al Furqaan: 75)

7.  Sabar Adalah Jalan Terbaik
Sabar ialah jalan yang terbaik bagi siapa saja yang menginginkan kebaikan dunia dan akhiratnya.
Marilah kita renungkan,  bahwa kita semua harus sabar dalam menghadapi semua ujian ini. Pasti ada hikmah dibalik semua cobaan yang telah ditetapkan oleh Allah pada kita. Setiap amalan akan diketahui pahalanya kecuali kesabaran, karena pahala kesabaran itu, tanpa batas. Sebagaimana firman Allah SWT  “Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala  mereka tanpa batas.” (Az Zumar: 10). Dan akan ada pahala-pahala dan kekuatamaan besar yang  dijanjikan-Nya  bagi kita yang selalu sabar dan terus berusaha bangkit dari keterpurukan ini. Yakinlah, bahwa setelah gelap pastilah akan terbit terang. Bangkitlah saudaraku, Tanoh Gayoku.

5 comments:

  1. materi yang bagus untuk kajian islam....

    ReplyDelete
  2. Mohon di publish materi untuk pendidikan pasien dan keluarganya terkait bimbingan sholat pak..

    ReplyDelete
  3. Semoga karyawan RSU Aminah Blitar termasuk orang-orang yang sabar...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Ustadz Tausiyahnya dapat menyejukkan hati..!

    ReplyDelete